Mengisi Liburan Produktif: Gardika Gigih Menulis Buku Lagi

09-10-2017 19:19

Art Music Today


Art Music Today Image

Setelah sukses dengan buku "Merindukan Awajishima" (AMT, 2016), kali ini Gardika Gigih akan meluncurkan buku keduanya, masih seputar catatan pengalaman kreatif. Buku terbarunya ini rencana akan diberi judul "Mendengar di Bali: Sebuah Buku Harian Bunyi", dan akan diterbitkan kembali oleh Art Music Today sebagai kado akhir tahun.

Sesuai judulnya, buku ini memang buku harian. Ditulis secara kronologis berdasarkan 31 hari pengalaman berlibur panjang di Bali. Tentu saja bagi Gigih, yang hobi berpetualang sambil belajar ini, liburan panjang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin supaya produktif. Di Bali Gigih mengunjungi banyak tempat, menonton pertunjukan, dan berkenalan dengan banyak seniman. 

Diakuinya, ide untuk menulis pengalamannya selama di Pulau Dewata itu juga lahir tiba-tiba, tidak direncana. Ketika tiba hari pertama di Bali ia membaca buku Absolutely on Music yang berisi percakapan Murakami dan Seiji Ozawa tentang seluk beluk proses kreatif bermusik. Dari situlah Gigih terinspirasi. "Rasanya sayang juga kalau pengalaman ini tidak aku tulis, meski aku sebetulnya lebih suka mengarang musik daripada nulis, ha-ha-ha..", ujar Gigih yang juga dosen musik di ISI Yogyakarta dan Universitas Universal Batam ini.

Penasaran isinya? Tunggu update selanjutnya, ya! (amt/es).

(Foto: koleksi Gardika Gigih)

265 x dilihat

Prev Next