SELAMAT DATANG DI OCTOBER MEETING 2021: DELIVERY MECHANISM!

17-10-2021 14:00

Art Music Today


Art Music Today Image

 

Seiring dengan kemajuan zaman, kita melihat bahwa seni saat ini semakin luas. Batas-batas dan pakem dalam seni yang dulunya merupakan sesuatu yang mutlak, kini meluruh. Tak jarang kita menemui seorang musisi yang juga ikut andil dalam konsep visual dari musiknya, atau seorang perupa yang menggunakan bunyi sebagai alat dalam mewujudkan ide-idenya. Pandemi COVID-19 yang sedang kita lalui saat ini memaksa kita untuk berkreasi dalam ruang-ruang maya, dan hal ini juga menjadi kesempatan bagi para komponis, musisi, dan seniman lainnya untuk menciptakan karya, tanpa terhalang ruang-ruang dan materi fisik.

Fenomena dan kebiasan seperti ini bukanlah sesuatu yang tanpa sebab. Para pelaku seni kini melihat bahwa materi fisik memiliki batasan masing-masing. Hal ini rupanya bisa menghambat mereka untuk menyalurkan ide dan ekspresi mereka. Dunia maya menawarkan suatu ruang tanpa batas sehingga mereka bisa menuangkan gagasan mereka tanpa batas. Berbagai penyesuaian pun dilakukan untuk bisa memanfaatkan ruang tersebut semaksimal mungkin.

Tidak hanya bagi seniman; persepsi penonton dan penikmat dalam mengapresiasi karya pun berubah ketika karya-karya nyata berubah menjadi benda maya. Kemajuan teknologi dan perkembangan ekonomi membuat mereka memiliki sikap yang berbeda dalam menikmati suatu karya. Jika kita melihat interaksi antara pelaku seni dan penikmat seni di ruang maya ini, gejala apa saja yang bisa terjadi? Bagaimana komponis dan musisi mengekspresikan dirinya, dan bagaimana pendengar mengapresiasinya di ruang maya? Apakah pesan-pesan dari setiap pihak dapat tersampaikan dengan baik, atau ada distorsi? Fenomena inilah yang diangkat menjadi tema October Meeting: Contemporary Music and Musicians di tahun 2021 ini: Delivery Mechanism.

Delivery Mechanism dibawakan dalam bentuk yang baru dan belum pernah dilakukan oleh October Meeting sebelumnya, yaitu melalui continuous broadcast loop dan live streaming. Continuous broadcast loop merupakan tayangan program yang disiarkan secara berulang dalam durasi lama, seperti siaran televisi. Live streaming adalah siarang langsung yang akan diselenggarakan di tengah-tengah laju kegiatan, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Bentuk tayangan ini juga dipilih untuk menyesuaikan tema Delivery Mechanism itu sendiri.

Kegiatan OMCMM 2021 akan dilakukan dalam empat jenis, yaitu concert, discussion, lecture, dan archives. Concert, sesuai namanya, merupakan ajang bagi para komponis dan musisi untuk menampilkan karya mereka kepada penonton. Tema Delivery Mechanism memungkinkan para komponis untuk berkarya di berbagai media baru, yang belum ada di October Meeting sebelumnya. Sejumlah komponis dari dalam dan luar negeri akan hadir untuk mengisi segmen ini, yaitu Rani Jambak, Wahyu Thoyyib Pambayun, Kilma (Mesir), Marcioz (Brazil), dan masih banyak lagi. Open Lab, salah satu program laboratorium yang selalu ada di October Meeting, turut menampilkan karyanya di segmen ini. Open Lab tahun ini akan dibawakan oleh October Meeting Ensemble yang berkolaborasi dengan Proyecto MUTAR (Peru).

Kegiatan kedua adalah discussion, yang merupakan ajang tukar pendapat dan pengalaman dari para komponis, seniman, pegiat seni, dan pihak-pihak terkait. Perempuan Komponis akan mengadakan sesi Rumpi Meja Bundar untuk membicarakan komposisi media baru dan kaitannya dengan pengalaman kreatif setiap komponis. Dion Nataraja akan membagikan pengalamannya menciptakan alat musik Gender Sandikala dengan proses kreatif dan apa saja yang ia temukan dalam proses tersebut. Ignatia Nilu akan mengisi diskusi post-event yang membahas tentang fenomena Delivery Mechanism saat ini.

Lecture, atau kuliah, merupakan ceramah dengan sistem daring yang disampaikan dari beberapa komponis terkemuka. Mereka mungkin akan menceritakan pengalaman musikal dalam mengkompos musiknya,  yang tentu saja menarik untuk dibedah.

Terakhir adalah program October Meeting: Contemporary Music and Musicians’ Archives. October Meeting memiliki arsip karya dan ceramah dari sejumlah tokoh musik, salah satunya adalah almarhum Slamet Abdul Sjukur dan Vincent McDermott. Penayangan arsip ini bertujuan untuk mengisi ruang khasanah artistik bunyi yang bisa diakses secara temporer di kanal YouTube milik October Meeting untuk pengembangan audiens.

Delivery Mechanism dapat disaksikan di kanal YouTube resmi October Meeting mulai dari tanggal 17-31 Oktober 2021. Continuous broadcast loop akan ditayangkan selama 24 jam sehingga penonton bebas menyaksikan di jam berapapun. Live streaming akan dilakukan pada jam-jam tertentu, yang jadwalnya akan diumumkan dari semua media sosial October Meeting.

OMCMM 2021 didukung oleh sejumlah besar pihak, yaitu Art Music Today, Rekam Bergerak, AMT Studio, Snooge Studio, dan OME. Beberapa rekan media turut mendukung pada kegiatan ini, yaitu Musikjogja, Warung Arsip, Radio Buku, Ruang Kerja Creative,dll.

YouTube: October Meeting 

893 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

3766 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

5714 x dilihat