SEJARAH MUSIK KLASIK BARAT DI LEMBAR SURAT KABAR HINDIA BELANDA

25-02-2020 19:34

Art Music Today


Art Music Today Image

 

 

Aniarani Andita, Kandidat Doktor di Departemen Musik, Royal Holloway, Universitas London, Inggris, tengah menggelar pameran langka di beberapa kota di Indonesia. Pameran pertama digelar di Jakarta, pada Jumat, 21 Februari 2020, di Lobi Gedung Usmar Ismail, bertepatan dengan konser Tchaikovsky Night oleh Jakarta Concert Orchestra.

Ania mengetengahkan beberapa kliping koran yang menunjukkan bagaimana mula-mula musik klasik Barat mulai disemaikan di Tanah Air, khususnya melalui kegiatan konser. Kliping tersebut didesain khusus dengan teknik bongkar-pasang dan instalasi yang menarik demi memudahkan penyajian. "Ini mengapa kubuat begini juga agar praktis ketika akan kubawa lagi untuk pameran di lain kota," ujar Ania.

Melalui penelusurannya, pertunjukan musik klasik Barat untuk publik telah hadir sejak tahun 1830an di Batavia. Bertempat di Schouwburg (sekarang Gedung Kesenian Jakarta) oleh grup-grup opera dari Italia dan Perancis. Setelah menyinggahi Batavia, pertunjukan kemudian meluas ke kota-kota lainnya seperti Bandung, Jogjakarta, Semarang, dan Surabaya. Pertunjukan-pertunjukan musik klasik Barat pada umumnya diperuntukkan hanya bagi orang Belanda dan Eropa yang tinggal di kota-kota tersebut.

Lebih jauh, pameran ini ia maksudkan untuk memberikan wawasan mengenai sejarah musik klasik Barat di Indonesia; juga memungkinkan terbukanya diskusi mengenai bagaimana sejarah ini mempengaruhi cara kita memahami dan mempraktekkan musik klasik Barat di Indonesia saat ini. "Saya sedang sangat intens dengan jejak sejarah musik klasik Barat di Indonesia, khususnya mulai awal abad ke-19 hingga awal abad ke-20," tegasnya (AMT/ES).

Desain instalasi: Nara Nugroho.

Catatan:
Jika Anda, atau lembaga Anda, tertarik untuk memfasilitasi pameran ini silakan menghubungi langsung saudari Aniarani di alamat surel: aniarani.andita.2018@live.rhul.ac.uk. Pameran disarankan untuk digelar bersamaan dengan konser musik klasik.

 

 



 

1554 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

2677 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

1729 x dilihat