Pertemuan Pertama OPEN LAB: Investigasi Artistik

08-10-2018 10:39

Art Music Today


Art Music Today Image

OPEN LAB atau Laboratorium Terbuka adalah salah satu program October Meeting 2018. Program ini membuka kesempatan bagi antar individu untuk berinteraksi bersama, bertukar dan menemukan ide, dan kemudian akan dipentaskan pada 11 Oktober sebagai konser penutup. Secara singkat, OPEN LAB merupakan proses investigasi artistik yang sebelumnya tidak dipersiapkan. Semua peserta berangkat dari nol dengan bekal skill dan wawasan masing-masing, mereka menjalani proses semacam karantina yang dipandu para Mentor.

Peserta OPEN LAB datang dari berbagai kota, latar belakang, dari pengajar, komposer, pemusik, pegiat musik film, instrument builder, dll. Formasi ini akan berpotensi meluaskan cakupan artistik yang akan dicapai terutama dalam hal kekayaan ide.

Tidak ada target yang ditentukan oleh Mentor, misalnya keharusan membuat bentuk-bentuk musik tertentu dalam eksplorasi selama OPEN LAB. Kemungkinan penciptaan bunyi bisa dari mana saja. Misalnya kondisi politis (seperti pada karya Ikbal Lubys “Undertable Payment”), atau dari background komposer yang blur (contoh: karya-karya Gatot Sulistiyanto dimana selain seorang komponis juga seorang teknisi).

Rute proses dari OPEN LAB ini adalah berimprovisasi yang kemudian direkam dan dipilah bagian mana yang akan dipresentasikan. Selanjutnya bagian-bagian itu ditulis, barulah masuk tahap rehearsal (kjg/amt). 

214 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

1828 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

516 x dilihat