Pertemuan Kedua OPEN LAB: Temuan Observasi

09-10-2018 11:41

Art Music Today


Art Music Today Image

Pada pertemuan kedua OPEN LAB October Meeting 2018 "Reconnect" sudah terbentuk kelompok-kelompok yang akan meneruskan ide/konsep mereka untuk berkreativitas bersama. Mereka menghasilkan temuan-temuan dalam observasi yang telah mereka lakukan.

Kelompok 1: 0 KM

Dari 4 individu yang memiliki karakter masing-masing, mengambil idiom 4 arah mata angin yang berjalan menuju pada satu titik Nol. Titik Nol sebagai objek utama yang kemudian akan dicerna ulang oleh masing-masing individu.

Eksplorasi atas 0 KM yang merupakan persimpangan banyak peristiwa interkoneksi spasial ini.

Kelompok 2: Active Silent

Berangkat dari fenomena “diam yang aktif”. Mengingat di zaman kini dimana masyarakat selalu berbicara. Menilik ulang keramaian positif yang merupakan hasil pengendapan dari ”Diam yang Aktif”. Dalam penurunan konsepnya, akan mengintegrasikan aspek-aspek panca indera.

Kelompok 3: Sound and Expressions

Fenomena musikal dari Jogja yaitu dialek Jogja. Terinspirasi dari seorang ibu-ibu berbicara dengan dialek jogja sambil makan bakpia dimana merupakan makanan khas Jogja pula. Menangkap fenomena tersebut sebagai peristiwa musikal yang menarik. Tahapan sudah sampai pada inventaris bebunyian.

Tantangan selanjutnya adalah transformasi gagasan ke dalam bentuk artistik dengan menggunakan tools yang tepat. Setelah pencarian tools maka ada proses investigasi pada pemirsa. Sistem umpan balik antara komposer dengan pemirsa menjadi aspek motoris yang membuat temuan komposer menjadi cair, memadat dan mencair lagi. Diharapkan temuan-temuan dalam OpenLab ini bukan merupakan barang jadi, tetapi menjadi sesuatu yang bisa dikaji ulang dalam periode tertentu setelah peristiwa eksplorasi. (kjg/amt/foto: Asy)

192 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

1827 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

515 x dilihat