Merawat Komunitas Musik Melalui Portal Musik Online

29-09-2017 09:44

Art Music Today


Art Music Today Image

AMT didukung Kedai Kebun Forum baru saja menyelenggarakan acara "Introducing Gemusik" (28/9). Acara ini merupakan acara presentasi dan ngobrol santai bersama teman-teman gemusik.com, sebuah platform musik online yang mewadahi ekspresi dan ide-ide musisi Tanah Air. Sebagai platform musik online yang tergolong baru, GeMusik juga menawarkan strategi baru, yaitu merawat komunitas musik melalui sistem yang mereka bangun. "Kami memang berupaya membangun sistem dan pengetahuan terutama untuk keperluan pasca-produksi, merawat komunitasnya. Ini tidak mudah, dan seringkali problem para musisi adalah kesulitan untuk mempromosikan karya-karya mereka", ujar Amanda mewakili GeMusik.

Melalui GeMusik, musisi diberi kesempatan menjual dan mempromosikan karya-karya mereka, difasilitasi blog, dan terus mengembangkan karir melalui informasi dan jaringan. Denny MR, wartawan senior Rolling Stone yang malam itu juga hadir turut menyampaikan pengalaman dan pemikirannya. Ia menggarisbawahi pentingnya komunitas sebagai sebuah sistem baru. "Ini berbeda dengan era-era sebelumnya, kekuatan komunitas musik inilah yang penting untuk saat ini. Media mendukung pada sisi akses informasi dan pengetahuannya," jelasnya. Hamzah selaku Direktur Operasional GeMusik juga menambahkan soal niat GeMusik sebagai partner bagi para musisi. "Kami tidak membangun hirarki di GeMusik, kami lebih berkomitmen dan memposisikan diri sebagai partner, sebab itu kami merasa perlu berinteraksi langsung dengan para musisi demi kemajuan bersama," ujarnya.

Acara yang dihadiri oleh musisi, penggiat musik, produser, dan pelaku bisnis studio musik di area Yogyakarta ini terkesan intim dan sarat wawasan. Meski hujan deras mengguyur di luar area tak mengurangi minat peserta yang hadir. (amt/es)

340 x dilihat

Prev Next