Literasi Musik Sehari di Surabaya

27-05-2018 18:50

Art Music Today


Art Music Today Image

 

Pertemuan Musik di Surabaya kembali menyelenggarakan agenda musik, dan kali ini mereka mengusung tema LITERASI MUSIK SEHARI. Agenda ini akan diselenggarakan Senin (28/5) di Qubicle Center, Surabaya, mulai jam 15.00 WIB. Secara ringkas, disampaikan dalam rilis mereka, kegiatan ini berangkat dari keinginan sederhana, yaitu mengapresiasi karya-karya literatur musik yang terbit di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan Literatur Musik? Adalah segala sumber informasi musik yang tertulis/dituliskan. Informasi tersebut dapat berupa sejarah, teori, riwayat/biografi tokoh, kamus, ensiklopedi, score/partitur/notasi musik, dan lain sebagainya. Kegiatan menulis segala informasi musik memang belum menjadi kebiasaan (habit) di Indonesia, terlebih budaya. Sangat berbeda dengan dunia sastra—yang memang literer, tertulis.  Meski demikian, kita bisa menemukan jejak-jejak yang jelas dari pertumbuhan literatur musik di Indonesia, khususnya sejak paruh kedua Abad ke-20. Literatur musik memang telah dituliskan dan keberadaannya memang terus ada hingga hari ini.

Lebih jauh, Gema Swaratyagita, Direktur Pertemuan Musik, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini antara lain untuk memetakan pertumbuhan literatur musik dari masa ke masa, menjadi pemicu bagi produktivitas penuilsan literatur musik, khususnya bagi generasi muda, "dan kami juga perlu membudayakan memahami musik tidak hanya melalui tontonan/mendengarkan, melainkan juga menyerap informasi/bacaan," ujarnya. 

Selain MEMAMERKAN beberapa koleksi literatur musik yang terbit di Indonesia dalam rentang 7 dekade, sejak 1950an hingga 2010-an, kegiatan ini juga di-isi dengan DISKUSI yang membahas beberapa terbitan literatur musik khususnya dari dekade terkini. Narasumber yang dihadirkan dalam sesi diskusi ini adalah Musafir Isfanhari (Surabaya), Erie Setiawan (Yogyakarta), dan Ayos Purwoaji (Surabaya). Yang tidak kalah menarik adalah agenda PERTUNJUKAN MUSIK yang bervariasi untuk melengkapi alur acara. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Informasi acara: Siska (08175174696)

 

 

244 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

1775 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

471 x dilihat