Komponis Iwan Gunawan dan Stefan Lakatos di Europalia 2017

08-10-2017 15:32

Art Music Today


Art Music Today Image

Sebelum mementaskannya di Europalia, Belgia pada November 2017 mendatang, komponis Iwan Gunawan akan menyelenggarakan pre-event yang akan diadakan tanggal 9 Oktober 2017. Pukul 15.30 di Auditorium A, Gd. FPBS lt. 4, Kampus UPI Bandung. Pertunjukan ini diselenggarakan UMB Gamelan Kyai Fatahilah, HIMA Musik Deprtemen Pendidikan Musik FPSD Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Demikian seperti dilaporkan Hery Udo di akun facebooknya.

Festival Europalia, https://europalia.eu/en/discipline/music-68.html akan dihadiri 420 seniman Indonesia yang akan memamerkan produk kebudayaan baik musik, tari, teater, seni rupa dan lain-lain. Dari sekian banyak seniman itu, mereka akan memamerkan karya tradisi maupun karya baru, khusus Iwan Gunawan (komponis muda Indonesia dan dosen departemen pendidikan musik UPI Bandung), http://www.composers21.com/compdocs/gunawani.htm. Ia dipercaya untuk mengemban program exchange yaitu kerjasama musikal dengan musisi Eropa, dalam hal ini musisi Stefan Lakatos berasal dari Swedia https://www.youtube.com/watch?v=IdelYnZ4RbM.

Program kerjasama musikal dua negara ini akan memainkan karya Moondog dari Louis Hardin , seorang komposer tuna netra dari Amerika yang memiliki sifat-sifat komposisinya sangat unik dan Ia pun menciptakan alat perkusi namanya “Trimba”, https://www.youtube.com/watch?v=zBSzHiY6LrE . Alat musik ini menggunakan well tempered, hanya saja Iwan Gunawan melakukan kombinasi berdasarkan pada sistem gamelan seperti saron,demung, jenglong dan gong. (amt/es/heryudo)

 

354 x dilihat

Prev Next