Art Music Today Kembali Menggelar October Meeting

29-09-2017 09:08

Art Music Today


Art Music Today Image

Tahun 2017 ini Art Music Today (AMT) kembali menggelar October Meeting, sebuah pertemuan musik tahunan yang secara spesifik dipersembahkan untuk musisi dan musik kontemporer. Agenda ini adalah kerjasama antara AMT - Yogyakarta dan Trace 21 - Belanda, didukung Tembi Rumah Budaya, Forum Musik Tembi, Rekambergerak, Yayasan Kajian Musik Laras, Rumah Budaya Siliran, dan Total Perkusi.

Selain konser yang akan menampilkan karya-karya terkini para komponis, agenda ini juga merupakan agenda edukatif yang berisi ceramah, pemutaran karya, dan diskusi musik lintas topik demi menjangkau dimensi apresiasi audiens terhadap musik kontemporer, khususnya yang berkembang di Indonesia. Agenda yang akan dipusatkan penyelenggaraannya di Museum Tembi Rumah Budaya pada 5-6 Oktober mendatang ini bisa dihadiri oleh siapa saja, dan gratis.

Tahun ini October Meeting secara resmi juga mengundang Mitra Akademik dari berbagai perguruan tinggi musik yang ada di Indonesia sebagai langkah awal untuk membentuk October Meeting Academy dan October Meeting Education and Audience Development.  Diharapkan sinergi tersebut dapat bermanfaat untuk saling mengenali potensi dan peluang kreatif masing-masing dan menjalin kerjasama lebih intensif demi mendukung penguatan di aspek keilmuan, kekaryaan, edukasi, dan pengembangan audiens musik kontemporer di Indonesia. "Singkatnya, ini sebuah ekosistem musik kontemporer yang harus mulai dibangun lebih sinergis. Pengembangan audiens menjadi bagian penting dari misi kita bersama, dan agenda ini tidak sekadar jangka pendek," ujar Erie Setiawan mewakili Art Music Today.

"Kontra-Akustika" adalah tema besar untuk October Meeting 2017, yaitu sebuah rupaya untuk mempelajari gejala-gejala terkini di wilayah musik kontemporer, khususnya kecenderungan yang terjadi dalam proses penciptaan musik.

"Musisi dan komponis Abad ke-21 saya kira penting untuk mempelajari dimensi kreatif individu mereka masing-masing. Sumber bunyi maupun cara-cara yang bisa dipakai untuk keperluan penciptaan musik sudah semakin luas, kita bisa pakai apa saja, baik sumber-sumber akustik maupun dari media elektronik dan digital. Tapi apakah kita menyadari sepenuhnya atas pilihan-pilihan itu? Kita akan menjadi pengguna saja atau bisa lebih dari itu? Kontra-Akustika adalah sebuah tantangan untuk telinga kita saat ini, demi mengurai makna dari perluasan-perluasan itu," kata Gatot Sulistiyanto selaku Direktur Artistik.

Rilis acara lebih detail akan menyusul kemudian, namun bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai October Meeting 2017 bisa menghubungi Saudari Dida (081332843296).

494 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

2157 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

719 x dilihat