9 Tahun Art Music Today

29-09-2017 15:58

Art Music Today


Art Music Today Image

Pada Agustus tahun 2017 Art Music Today genap memasuki usia 9 tahun. Meski dalam segala pasang surut perjalanan, AMT tetap setia menjadi mitra bagi siapa saja yang ingin mengabdikan diri di dunia musik dan pengetahuan di sebaliknya, tidak terbatas pada genre atau wilayah tertentu. Kami percaya bahwa musik tidak hanya sekadar sebagai seni hiburan, melainkan sebagai proses produksi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh siapa saja.

Sepanjang 9 tahun perjalanan ini AMT telah melakukan berbagai rintisan kerja-kerja kebudayaan musik melalui penerbitan buku, pendokumentasian pemikiran dan karya-karya musik, lecture concert, diskusi, program kursus spesifik, memberi konsultasi, dan membina jaringan seluas-luasnya demi masa depan sumber daya manusia itu sendiri.

Kami merintis perjalanan ini secara mandiri dan tidak bergantung kepada sumber dana yang besar. Proses bertahan dan terus produktif bukan suatu hal yang niscaya, karena kami dikelilingi oleh orang-orang baik, meliputi dukungan para donatur, stakeholder, dan teman-teman yang dengan suka rela mendukung kerja-kerja yang kami lakukan. Sebab itu terlebih dahulu kami mengucapkan terimakasih kepada siapapun yang memperhatikan perjalanan kami, dari awal hingga kini. Art Music Today juga terus menyadari segala kekurangan yang ada, menerima segala masukan dan kritik yang datang dari siapapun. Tanpa perhatian berwujud kritik, mustahil kami bisa melanjutkan kerja-kerja kami.

Sejak 2012, Art Music Today melebar menghasilkan dua sayap niaga, yaitu AMT Publisher dan Rekambergerak, adalah sebuah sistem untuk menjaga keberlangsungan Art Music Today sebagai organisasi nirlaba. AMT Publisher lebih sebagai aset pengetahuan melalui dokumentasi karya dan pemikiran yang diterbitkan. Sedangkan Rekambergerak adalah sebuah laboratorium riset audio yang bergerilya kemana saja untuk mendokumentasikan musik secara keliling dan berdiskusi. Rekambergerak juga telah berkembang dan memiliki aset berbagai perangkat rekam yang standar untuk berbagai keperluan perekaman musik.  

Sebagai informasi, tahun ini AMT juga kembali menyelenggarakan program tahunan "October Meeting" untuk kali kedua. October Meeting adalah sebuah pertemuan musik yang secara spesifik mengetengahkan dinamika musik kontemporer Indonesia masa kini berupa pentas dan diskusi. Melalui program tersebut kami juga mengundang sedikitnya 20 perwakilan dari perguruan tinggi musik di seluruh Indonesia untuk menjadi "Mitra Akademik". Ke depan, kami ingin membentuk October Meeting Academy dan October Meeting Education and Audience Development. Diharapkan melalui upaya tersebut kami dapat saling mempelajari potensi kreatif masing-masing dan menjalin kerjasama lebih intensif demi mendukung penguatan di aspek keilmuan, kekaryaan, edukasi, dan pengembangan audiens musik kontemporer di wilayah masing-masing.

Pada era teknologi informasi yang pesat dan mampu merubah cara hidup setiap orang ini, AMT justru tertantang untuk memanfaatkannya sebagai sebuah peluang, yaitu dengan terus membina komunitas musik di seluruh jaringan yang ada. Komunitas musik adalah salah satu kekuatan besar bagi dinamika kebudayaan saat ini. Maka dari itu kami terus berjejaring dengan siapa saja untuk melebarkan sayap dan saling berinteraksi demi kebutuhan bersama.

Tahun ini juga untuk pertama kalinya AMT bergabung dengan Kampung Buku Jogja. Program pameran dan penjualan buku alternatif/indie yang diselenggarakan tahunan tersebut kami jadikan sebagai modal silaturahmi sekaligus observasi pasar untuk buku-buku musik yang kami terbitkan, yang rata-rata memiliki konten spesifik. Kami juga bekerjasama intensif, misalnya dengan Yayasan Kajian Musik Laras untuk meluaskan sudut pandang dalam memahami dinamika musik dan sosial. Selebihnya kami juga terus mencari cara agar interaksi yang terjadi dalam berbagai unsur ekosistem musikal dapat terbentuk lebih efektif; dan demi upaya itu, teknologi informasi sangatlah mendukung.

Tidaklah banyak yang ingin kami sampaikan di angka "9" ini, kecuali rasa terimakasih yang besar kepada seluruh pihak yang terus mendukung kami. Mohon doa dan restunya selalu. Semoga kita berkembang bersama, menemukan manfaat yang baik bagi kehidupan, melalui musik dan pengetahuan di sebaliknya. Musik hanyalah media, yang abadi adalah pengetahuannya.

Salam hangat,

Erie Setiawan, Direktur.

 

 

 

 

 

 

 

112 x dilihat

Prev Next