Ensiklopedia Musik Keroncong

19-09-2022 11:52

Art Music Today


Art Music Today Image

 

 

Selalu ada rasa optimis yang terus meningkat dari waktu ke waktu, khususnya dari kami—para praktisi dan pegiat musik keroncong—untuk terus melestarikan, mengembangkan, dan menciptakan karya-karya inovatif, tak terkecuali karya berupa produk ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.  Berangkat dari semangat tersebut, kami juga merefleksikan—bahwa sepanjang satu abad terakhir perjalanan sejarah musik keroncong di Tanah Air—ternyata karya-karya berupa produk ilmu pengetahuan mengenai musik keroncong terhitung masih sedikit.

Sejauh kami mengoleksi, tidak lebih dari 15 buku mengenai musik keroncong yang rilis di pasaran. Namun kuantitas penelitian para sarjana bisa dikatakan membanggakan dan terus meningkat dari waktu ke waktu—hanya sayangnya penelitian-penelitian yang berjumlah tak lebih dari 100 tersebut lebih banyak tersimpan ketimbang terakses masyarakat.

Beberapa buku, antara lain Mengenal  Keroncong dari Dekat (Budiman BJ, 1979), Musik Keroncong (Harmunah, 1987), Krontjong Toegoe (Victor Ganap, 2011, 2020), dan Djiwa Manis Indoeng Disayang (Haryadi Suadi, 2017), bisa dikatakan merupakan contoh buku-buku yang selama ini dijadikan rujukan utama untuk penulisan/penelitian mengenai musik keroncong.

Segelintir sarjana dari luar Indonesia terhitung cukup meminati musik keroncong sebagai objek penelitian. Mereka antara lain Judith Becker, Matthew Isaac Cohen, Philip Yampolsky, Andrew Weintraub, Hannah Standiford. Hanya sayangnya, seluruh karya ilmiah mereka belum ada satu pun yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia agar lebih lebih mudah dibaca masyarakat.

Sebuah pengalaman, kesempatan, dan karya yang sangat berharga, tentu saja, apabila ide mengenai perlunya Ensiklopedia Musik Keroncong ini dapat direalisasikan, khususnya pada saat ini, di mana musik keroncong sedang tumbuh subur di Tanah Air dengan beragam ekspresi yang bisa kita simak melalui platform digital maupun festival-festival.

Ensiklopedia Musik Keroncong ini akan berisi rangkuman data-data informatif terkait sejarah, tokoh keroncong, perjalanan event, informasi teknis musikal, organologi, audio-teknologi, daftar karya-karya terbaik, informasi komunitas/kelompok, dan artikel-artikel informatif yang mengetengahkan fakta paling mutakhir dalam ekosistem musik keroncong.

Informasi lebih lanjut. 

Erie (0895341875172) 

 

251 x dilihat

Prev Next

Login Member

forgot password?
Kabar Berita
PERJALANAN BUNYI YUDANE

3809 x dilihat

9 Tahun Art Music Today

5736 x dilihat